Pierre Guillaumat

Kapal terbesar yang pernah dibuat adalah 4 supertanker kelas batillus buatan Perancis pada akhir 70-an, berbobot 555.000 ton dan panjang 414 meter. Diluncurkan dari galangan kapal Chantiers de l’Atlantique di Saint Nazaire. Satu-satunya kapal yang lebih besar adalah si jumbo “Knock Nevis”, ex “Jahre Viking”, ex “Seawise Giant”, ex “Porthos” di tahun 1981. Tapi supertanker dari kelas batillus mempunyai tonase kotor yang lebih besar, sehingga bisa dianggap lebih besar dari Knock Nevis.

Pierre Guillaumat

Pierre Guillaumat

Keempat kapal dari kelas batillus itu adalah sebagai berikut.

  1. Batillus, buatan 1976, diistirahatkan 1985
  2. Bellamya, buatan 1976, diistirahatkan 1986
  3. Pierre Guillaumat, buatan 1977, diistirahatkan 1983
  4. Prairial (juga dikenal dengan sebutan “Hellas Fos” dan “Sea Giant”), buatan 1979, diistirahatkan 2003

Super Tanker Knock Nevis

Inilah raja dari segala supertanker dan mungkin jika dilihat dari dimensinya merupakan kapal terbesar yang pernah dibuat. Yang jelas untuk yang masih beroperasi, memang kapal inilah yang terbesar. Cerita perjalanan karirnya pun cukup menarik.

Super Tanker Knock Nevis

Super Tanker Knock Nevis

Pertama-tama kapal ini punya banyak nama sebutan :

  • Seawise Giant
  • Porthos
  • Happy Giant
  • Jahre Viking
  • Knock Nevis

Knock Nevis atau Jahre Viking adalah kapal terbesar yang pernah dibuat. Ini adalah super tanker dengan kelas ULCC (Ultra Large Crude Carrier), kapal ini berukuran panjang 485 meter (1503 kaki), apabila kapal ini berdiri maka kapal ini akan lebih tinggi dari Petronas Twin Tower. Jahre Viking mempunyai kedalaman sarat muatan penuh 25 meter. Karena ukurannya yang besar ini, Jahre Viking tidak bisa melewati terusan Panama maupun terusan Suez bahkan Selat Inggris. Cargo capacity (deadweight tonnage) dari Jahre Viking adalah 564,763 ton, Jahre Viking dapat mengangkut sekitar 650,000 m³ (4.1 juta barrel) minyak mentah (crude oil) sekali berlayar. Jahre Viking pada mulanya dibangun dengan displacement of 480,000 tons oleh Sumitomo Heavy Industries Yard di Jepang pada 1975 dengan nomor lambung 1016, yang kemudian diberi nama Seawise Giant.

Cargo Ship Emma Maersk

Cargo Ship Emma Maersk

Cargo Ship Emma Maersk

Salah satu Container Ship terbesar di dunia tentu saja dimiliki oleh perusahan pemilik Container Ship terbesar MAERSK Group. Kapal ini diberi nama Emma Maersk, merupakan Container Ship terbesar yang sudah dioperasikan. Kapal ini mampu memuat hampir 11,000 TEU’s (Twenty feet Equivalent Unit), tidak kurang dari 1,400 container lebih banyak dari pada kemampuan muat kapal lain. Itu menurut batas stabilitas kapal sesuai dengan kebijaksanaan perusahaan, dengan asumsi berat per container 14 ton. Tetapi pada dasarnya kapal ini didesain mampu memuat 14,500 TEU’s. Kapal ini dibuat oleh Odense Steel Shipyard Denmark pada 2006. Ada fakta yang menarik ketika kapal ini sedang dibangun, dimana terjadi kebakaran besar di dek akomodasi dan bridge deck yang menyebabkan banyak kerusakan. Tetapi semuanya dapat diperbaiki dengan cepat dan kapal diselesaikan tepat waktu. Kapal ini diberi nama Emma Maersk, yang merupakan nama dari istri Maersk McKinney pendiri MAERSK Group.

Cruise Ship Queen Mary II

Cruise Ship Queen Mary II

Cruise Ship Queen Mary II

Kapal Pesiar termewah dan terbesar yang beroperasi untuk saat ini adalah Quenn Mary 2. Queen Mary 2 beroperasi dibawah bendera Cunard Line, yang merupakan pemilik kapal pesiar terbesar sebelumnya The Queen Mary. Queen Mary 2 teregistrasi di Suthampton, United Kingdom. Pembangunan Queen Mary 2 menelan biaya sekitar US$900.000.000, itu merupakan salah satu kapal termahal yang pernah dibuat. Tetapi biaya pembangunan yang begitu besar sebanding dengan kemewahan yang ditawarkan, Queen Mary 2 adalah “The Most Luxurious Pearl in the Crown of Cruise Liners”. Eksterior Queen Mary 2 ditangani oleh arsitek handal Stephen Payne. Ukuran yang sangat besar menjadi halangan terbesar dalam menciptakan kenyamanan bagi penumpang. Sebagai contoh, chimney kapal harus didesain agar gas buang yang dihasilkan mesin kapal tidak menimbulkan polusi di sekitar upper deck yang merupakan area publik yang paling ramai di kapal itu.

Berge Stahl

Berge Stahl

Berge Stahl

Berge Stahl terdaftar di Stavanger, Norwegia. Kapal ini sebelumnya terdaftar di Monrovia, Liberia. Kapal ini dibangun pada tahun 1986 oleh Hyundai Heavy Industries. Kapal ini sekarang dimiliki perusahaan Singapura BW Group. Karena ukurannya yang sangat besar, Kapal ini hanya dapat merapat penuh di dua pelabuhan di dunia yaitu Terminal Marítimo de Ponta da Madeira di Brazil dan Europoort dekat Rotterdam di Belanda.

Carrier, USS Enterprise

Carrier, USS Enterprise

Carrier, USS Enterprise

Kapal perang terbesar tentu saja adalah kapal induk yang dimiliki oleh Angkatan Laut Amerika Serikat. Dari sekian banyak armada perang US Navy, yang terbesar adalah kapal induk dari kelas Nimitz. Supercarrier kelas Nimitz ini dilengkapi dengan masing-masing 2 reaktor nuklir buatan Westinghouse yang menggerakkan 4 turbin uap yang terhubung dengan 4 poros propeller. Mesin turbinnya menghasilkan 260,000 tenaga kuda yang dapat menggerakkan kapal dengan kecepatan 30+ knots. Dengan reaktor nuklir ini artinya kapal ini tidak perlu mengisi bahan bakar selama 20 tahun. Dengan sistem logistik yang dimiliki oleh US Navy memungkinkan kapal ini untuk berlayar mengelilingi dunia nonstop tanpa perlu berhenti dan bersandar di pelabuhan untuk mengisi ulang logistik. Dengan ukuran panjang 340 meter, beam 78 meter dan draft 12 meter, Nimitz-class supercarrier mempunyai displacement 101,196 ton. Total kru on board adalah 5,700 orang, terdiri dari 3,200 pelaut dan 2,500 wing udara. Total pesawat yang dapat dibawa adalah 85 unit yang merupakan kombinasi dari F-18E/F Super Hornet, EA-6B Prowler, E-2 Hawkeye, C-2 Greyhound, SH/HH-60 Seahawkdan S-3 Viking.