Bagaimana cara meningkatkan penghasilan hormon pertumbuhan?
Pastikan anda memberi perhatian kepada 6 hal berikut untuk meningkatkanpenghasilan hormon pertumbuhan anda.

  1. Tidur yang cukup. Pastikan anda meluangkan waktu sebanyak 8 jam sehari di atas tempat tidur. Kurang tidur dapat mengurangi penghasilan hormon pertumbuhan.
  2. Makan teratur. Makan setiap hari (sarapan, makan siang, makan malam). Pastikan setiap hidangan yang dikonsumsi seimbang.
  3. Makan sebelum berolahraga. Ambil makanan yang mempunyai protein dan karbohidrat sekurang-kurangnya 2 jam sebelum kita melakukan senam peninggi badan. Meskipun kita tidak merasa lapar sebelum senam, kita dapat mengkonsumsi snack untuk menghindari lapar ketika senam. Ahli makanan telah mendapati seseorang yang melakukan olahraga dengan perut kosong akan mengalami penurunan penghasilan hormon pertumbuhan sebanyak 54%.
  4. Lakukan olahraga secara maksimum. Seringnya melakukan olahraga akan meningkatkan penghasilan hormon pertumbuhan. Seseorang yang sering melakukan senam peninggi badan akan menghasilkan lebih banyak hormon ini. Pastikan kita berolahraga sekurang-kurangnya 3 kali seminggu (20 menit setiap sesi)
  5. Konsumsi suplemen. Pengambilan asam amino dalam pil multivitamin sebelum kita berolahraga dapat membantu dalam penghasilan hormon pertumbuhan.
  6. Makanan sebelum tidur. Nah yang satu ini perlu diperhatikan, jangan makan dalam jumlah yang banyak sebelum kita tidur. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak banyak melakukan penghasilan hormon insulin. Badan kita akan menghasilkan hormon pertumbuhan dalam waktu 2 jam sesudah makan. Penghasilan hormon insulin akan menurunkan penghasilan hormon pertumbuhan. Pakar makanan juga telah mendapati pengambilan asam amino, arginine dan orthinine sebelum tidur dapat menghasilkan hormon pertumbuhan.