Kadang kita lupa bahwa peran tulang sangat vital bagi manusia. Tanpa tulang, tidak bisa dibayangkan seperti apa tubuh kita. Berikut tips untuk menjaga agar tulang tidak cepat keropos.

  • Perbanyak vitamin D. Untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat, kita harus memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi kalsium dan vitamin D. Makanan yang mengandung vitamin D adalah sayuran berwarna hijau tua, brokoli, sarden, ikan salmon, kerang serta susu.
  • Kurangi makanan mengandung padi-padian. Karena di dalam makanan yang mengandung padi-padian mampu mengikat kalsium dan mencegah kelancaran penyerapan di dalam tulang.
  • Usahakan mengkonsumsi bawang. Karena bawang mengandung banyak belerang yang sangat baik untuk kesehatan tulang.
  • Kurangi soft drink. Karena minuman ini banyak mengandung fosfat. Makanan atau minuman yang mengandung fosfat membuat tubuh kita mengeluarkan kalsium.
  • Hindari makanan dengan protein tinggi. Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi menyebabkan kalsium menguap dari dalam tubuh.
  • Kurangi konsumsi kafein. Untuk menjaga agar tulang tetap sehat dan kuat, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi kafein yang banyak terdapat dalam kopi.
  • Olahraga teratur. Di samping asupan makanan yang dianjurkan, olahraga bisa menyehatkan dan menguatkan tulang anda.