Tidur atau beristirahat adalah salah satu cara untuk memulihkan stamina badan yang sudah bekerja selama hampir satu hari. Minimal 8 jam tubuh harus diistirahatkan agar kembali bugar saat ingin memulai aktivitas.

Tapi jika tidur sampai larut malam selama berturut-turut, tidak menutup kemungkinan badan menjadi loyo dan tidak fresh, sehingga aktivitas pun akan terganggu.

Tidur Lelap

Banyak cara untuk menyiasatinya, antara lain mengkonsumsi obat tidur. Tapi cara itu tidak efektif, sebab obat lambat laun akan menyebabkan efek samping. Obat diramu dengan campuran bahan kimia yang lama kelamaan berdampak tidak baik untuk tubuh manusia.

Rileks dan tenang adalah salah satu alternatif cara mudah tidur dengan cepat saat terjaga, diantaranya yaitu :

  • Lakukan olahraga yang cukup setiap harinya.
  • Stop konsumsi kopi setelah pukul 18.00.
  • Lakukan kegiatan ringan sebelum tidur, misalnya membaca buku (bacalah buku ringan, untuk sekedar rileks saja).
  • Temperatur kamar yang dingin akan membuat anda cepat tidur.
  • Matikan lampu. Ada penelitian menunjukan bahwa cahaya bisa menggangu tidur, lampu redup bisa membantu anda untuk cepat tidur.
  • Kamar yang bersih pastinya akan membuat anda nyaman untuk melepas lelah.

Jika masih sulit tidur :

  • Atur pernapasan. Ambil napas panjang lewat hidung dan hembuskan melalui mulut, lakukan sambil anda mencoba untuk tidur.
  • Jika masih juga terjaga. Ambil secarik kertas dan tulislah beban masalah yang tengah anda pikul. Jika anda sedang tidak ada masalah, tulis kegiatan anda mulai dari pagi sampai menjelang tidur.
  • Bungkus kaki anda dengan kaos kaki. Kaki hangat akan menghantar anda untuk terlelap.