Banyak yang menganggap bahwa rasa kantuk merupakan musuh bagi sebagian orang yang memiliki aktivitas yang padat. Dan apabila rasa kantuk tiba-tiba menyerang, rasanya tidak hanya akan merasa malas, tetapi juga akan menimbulkan sulitnya berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Apalagi bagi anda yang senang hang out dan pulang sampai pagi sedangkan besok pagi anda harus kerja atau kuliah. Nah, anda tidak perlu khawatir lagi mengenai hal tersebut. Tips berikut akan membantu anda mengatasi rasa kantuk yang sering menyerang aktivitas. Selamat mencoba!

  1. Tidur siang lebih cepat. Ada pendapat bahwa tidur kurang dari 30 menit di siang hari dapat membuat tubuh merasa lebih lelah dibandingkan tidak tidur siang sama sekali. Padahal menurut para ahli di Harvard University, tidur siang 1-1,5 jam dapat membuat pikiran anda merasa lebih jernih. Coba anda curi-curi waktu atau sisakan waktu luang disela-sela beraktivitas untuk tidur sejenak.
  2. Berdiri tegak dan posturkan tubuh lebih baik. Mungkin terdengar sedikit aneh, tapi apabila anda selalu memposturkan tubuh anda dengan baik, dalam keadaan duduk ataupun berdiri dengan tegak anda dapat menghemat tenaga. Postur tubuh yang buruk akan melelahkan otot, ligamen dan sendi anda harus bekerja lebih keras dibandingkan ketika tubuh lurus secara tepat. Dengan demikian tubuh anda akan merasa lebih cepat lelah dan akan menurunkan aliran darah dan oksigen ke otak sampai 30%.
  3. Kunyah permen karet. Coba anda biasakan mengunyah sesuatu setiap dua jam sekali. Daripada mengunyah makanan dan membuat tubuh anda bengkak, coba ganti dengan mengunyah permen karet. Apabila anda mengunyah sesuatu anda secara tidak langsung akan menguatkan otot dan menstimulasi diri anda agar tidak merasa ngantuk. Pilih permen karet yang memiliki rasa mint agar anda juga merasa lebih segar.
  4. Ngemil makanan sehat setiap dua jam sekali. Para ahli berpendapat apabila anda membiasakan mengunyah makanan setiap dua jam sekali, akan membantu gula darah dalam tubuh anda tetap stabil. Hasilnya, energi akan tetap tinggi sepanjang hari. Coba konsumsi snack atau makanan ringan yang tinggi protein, tetapi jangan konsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi. Makanan bergula akan membangkitkan energi secara cepat tetapi akan menurunkannya dengan cepat pula sehingga dapat membuat tubuh lebih lelah dibanding sebelumnya.
  5. Latihan pernafasan. Menghela nafas dalam 30 detik akan mengisi paru-paru dari atas sampai dasar. Sehingga dapat membantu tubuh tetap terjaga karena mengisi darah dengan oksigen.
  6. Self talk. Self talk merupakan salah satu cara untuk menimbulkan sugesti yang baik untuk diri anda agar tetap berpikir positif. Program ini merupakan program pikiran bawah sadar yang dilakukan dengan cara self talk secara persisten. Self talk yang harus dilakukan adalah “Saya tidak akan tidur waktu bekerja” atau “Saya selalu terjaga saat belajar”. Coba anda lakukan sesering mungkin sehingga pikiran tersebut benar-benar menjadi bagian dalam pikiran bawah sadar anda. Bagian inilah yang nanti akan mengingatkan dengan keras saat anda mulai merasa ngantuk. Sugesti ini juga yang akan “protes” apabila anda mulai terlena dengan rasa kantuk.

Setidaknya tips di atas dapat membantu anda mengusir rasa kantuk sesaat. Dan ingat! Bukan berarti anda tidak perlu istirahat lagi. Tubuh anda bukan mesin yang terus-terusan dapat dinyalakan. Selamat beraktivitas!