Satu lagi temuan yang memperkuat teori bahwa pernah ada kehidupan di planet Mars.

Planet Mars

Adakah kehidupan di planet selain bumi? Adakah planet lain yang layak dihuni manusia? Inilah misteri yang tak juga habis digali para ahli astronomi kita. Belum lama ini ditemukan sebuah kandungan karbon dalam kepingan kecil meteor Mars. Temuan yang bagi orang awam tidak berarti apapun tersebut ternyata sangat berharga bagi ilmuwan.

Adanya karbon dalam materi Mars menguatkan dugaan bahwa di Planet Merah itu sempat ada kehidupan. Materi karbon itu tersimpan di dalam kerak meteor dari planet Mars. Temuan berharga ini dipresentasikan dalam ajang Lunar and Planetary Science Conference di Houston, Texas.

Selama ini diketahui bahwa semua proses kehidupan di bumi berasal dari elemen karbon. Berarti kalau ada kandungan karbon di kepingan planet Mars, kemungkinan besar di planet itu pernah ada kehidupan juga. Dari studi ditemukan bahwa karbon dalam meteor Mars memang orisinil berasal dari planet itu, bukan akibat dari kontaminasi di bumi.

Meteor Mars yang mengandung karbon itu adalah ALH840001 yang jatuh ke bumi pada 1998 lalu. Objek ini terdiri dari bebatuan yang cukup langka. Bebatuan ini diyakini berasal dari ledakan di permukaan Mars yang menghasilkan imbas cukup besar, yakni terlemparnya serpihan planet itu hingga miliaran tahun sebelum jatuh ke bumi.

Data serupa juga dijumpai pada kepingan meteor Nakhla yang jatuh di Mesir pada tahun 1911. Pihak Natural History Museum di London yang menyimpan beberapa kepingan meteor itu setuju untuk meminjamkannya pada NASA untuk dianalisa.

Kandungan karbon terdapat pada pori-pori dan saluran tersembunyi di meteor. Sebagian materi ini tampak gelap ketika dilihat dari bawah mikroskop.

Ihwal keaslian komponen karbon itu dari Mars bisa dikuatkan Peter Buseck, profesor ilmu geologi dari Arizona State University. Ia menemukan bukti kuat bahwa kandungan karbon itu bukanlah berasal dari bumi, melainkan dari Mars. Memang sulit untuk mengidentifikasi asal mula karbon hanya dari analisa mikroskopis. Isotop karbon meteor Nakhla diketahui terdiri atas 75 persen, sedangkan lainnya adalah karbon–14. Sejauh ini terbukti apabila ada objek yang mengandung komponen karbon–14, itu dipastikan berasal dari angkasa luar atau karbon masa purba.

Jika memang benar kandungan itu asli berasal dari Mars, bisa jadi materi lain yang mendekati unsur karbon yang juga bersumber dari bebatuan lain di luar angkasa menabrak Mars ratusan atau ribuan tahun silam.

Ini adalah gambar planet mars yang membuktikan adanya kehidupan di sana.

Alien